14 April 2016

Pengalaman Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

Pengalaman Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika, saya adalah salah satu mahasiswa di PTS(Perguruan Tinggi Swasta) di cirebon dan kebetulan saya mengambil teknik informatika, saya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua yang sudah mengambil maupun belum mengambil atau malah ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika.
Pengalaman Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika bukan cuman belajar komputer seperti Microsoft Word, Excel, Photoshop, Corel edit video atau membuat animasi. semua itu salah, Teknik Informatika adalah anda membuat aplikasi atau program atau bisa di katakan anda membuat aplikasi photoshop atau aplikasi untuk sekolah, kantor atau lainya. karena memang ketika kita skripsi ya begitu, kalau tidak percaya silahkan cek sendiri judul-judul Skripsi Mahasiswa Teknik informatika, hampir semuanya membuat Aplikasi/program/software entah itu untuk komputer,HP, atau WEB dan lain-lain. walaupun begitu di kelas banyak juga pelajaran yang berhubungan dengan matematika. tapi tenang saja jangan takut jika anda ketika SMA/SMK matematikanya kacau hahaha. karena di sana juga kita akan belajar dari awal lagi tapi sistem ngebut hehe.

Saya sendiri ketika masuk mengambil Jurusan Teknik Informatika dulunya saya hanya lulusan IPA bahkan SMA yang bisa anda bayangkan bagaimana saya susahnya beradaptasi di Jurusan ini. namun alhamdulilahnya hampir semua teman kelas saya di Teknik Informatika 70% dulunya SMA dan SMK yang tidak ada kaitanya dengan Komputer, ada yang dari Otomotif juga bahkan Anak SMA IPS.

Ketika kita di semester 1 dan 2 biasanya pelajaran/matakuliah di teknik informatika sama seperti anak SMA, seperti fisika,matematika dasar, bahasa indonesia,inggris ,pkn dan lain lain.

Oh ya lupa, bukan saya menakut-nakuti teman disini tapi Teknik Informatika masuk dalam 10 Besar Jurusan Tersulit di Indonesia !!!  dan mahasiswanya bisa di bilang sangat banyak sekali di cirebon saja kita harus bersaing dengan 7 Kampus IT.

lalu bagimana menyiasatinya jika belum bisa apa-apa di komputer seperti anda lulusan SMA atau lainya? saya sendiri dari semester awal saya sudah belajar otodidak (sendiri) bahkan dulu yang namanya RESTART dan Hibernate saya tidak bisa.. kan parah apalagi install aplikasi, haha.  namun sekarang anda juga bisa belajar di web, teman Kuliah ataupun Kakak Tingkat Mahasiswa atau senior.  dan alhamdulilah pelan tapi pasti  secara otodidak saya bisa bahkan  di katakan ilmu saya sudah seperti anak SMK TKJ ketika saya di semester 4 hahaha yaps saya bisa semuanya dari mulai install ulang sistem operasi windows, belajar linux, pemrograman, serta sedikit jaringan, memperbaiki hardware laptop. itu hampir semuanya saya belajar otodidak di kuliah jarang sekali di ajari hal tersebut dan alhamdulilah bisa menjadi bekal saya di kemudian hari. namun tetap pada intinya kita belajar membuat program.

Dengerin Dosen ketika ngajar tuh berasa pusing kalau gak ngerti. jadi terpaksa di telen. masuk syukur gak y sabar aja. belum dosen yang killer. saya kadang bingung dengan penilaiannya.. bahkan saya pernah dapet nilai E. nilai E bagi mahasiswa itu sama dengan pukulan berat sob.. saya sendiri sampe susah tidur gara-gara mikirin itu tapi alhamdulilah saya sudah mengulang. bagaimana dengan Nilai D dan C sring juga si Tapi banyakan C hahaha. kalau A dan B? saya lebih sering dpet B kalau dpaet A tuh alhamdulilah bnget. memang jurusan ini dulunya Insinyur jadi berat.

lalu bagaimana stelah LULUS?
saya sendiri sekarang belum lulus dari kampus masih di semester 6 ketika saya menulis artikel ini.
dari yang saya baca-baca dan mendengar senior berbicara dan pengalaman-pengalamanya maka LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA itu FLEKSIBEL!!! bisa di mana saja, karena hampir semua instansi pemerintah maupun Swasta pasti Butuh IT. dan itu TRUE STORY.

makanya kita asah terus kemampuan kita di atas rata-rata oranglain.

saran aja.. mulai dari sekarang belajarlah bahasa pemrograman agar pas skripsi enak,
Bahasa Pemrograman untuk Pemula
- PHP
- PASCAL
- VISUAL BASIC
silahkan pelajari 3 pemrograman tersebut, satu aja cukup, kalau saya si PHP
setelah bisa, barulah belajar JAVA, DELPHI, PHP OOP


gambar Lulus Teknik Informatika

Ini ada banyak komentar yang saya screenshot yang bisa teman-teman baca :)
Pengalaman Teknik Informatika1

Pengalaman Teknik Informatika2

Pengalaman Teknik Informatika3

Pengalaman Teknik Informatika4

Pengalaman Teknik Informatika5

Pengalaman Teknik Informatika5



Semoga bermanfaat kawan, silahkan jika ingin bertanya. di komentar y. atau di fb saya
https://www.facebook.com/matori.muhammad.5
atau bisa lewat BBM 5D8AB89D